Cara S.O.A.P.

LGG_Logo-Indonesian-LG

CARA MELAKUKAN PENDALAMAN FIRMAN DENGAN METODE SOAP

Dalam buku ini kami menyediakan sebuah catatan jurnal yang sejalan dengan ayat-ayat yang kita baca setiap hari. Buku catatan jurnal ini dibuat khusus untuk menolong Anda berinteraksi dengan Firman Tuhan dan menggali lebih dalam lagi, mendorong Anda untuk mengambil waktu khusus untuk lebih dalam merefleksi dan merenungkan apa yang Tuhan katakan kepada Anda pada hari itu.

Di Love God Greatly (Cinta Tuhan Sesungguhnya), kami menggunakan metode SOAP sebagai langkah-langkah untuk mendalami Firman. Sebelum kita memulai, marilah mengambil waktu sesaat untuk menjelaskan metode SOAP ini dan alasan mengapa kami merekomendasikan ini untuk Anda gunakan saat memdalami Firman Tuhan dalam buku ini.

Membaca Firman Tuhan saja, adalah satu hal yang mudah. Tetapi ketika Anda berinteraksi dengan Firman Tuhan, untuk sungguh-sungguh merenungkan dan mengambil waktu khusus untuk menggali lebih dalam, tiba-tiba kata-kata tersebut mulai bermunculan. Metode SOAP menolong Anda untuk menggali lebih dalam lagi di dalam Firman Tuhan dan melihat lebih lagi dibandingkan jika Anda hanya membacanya sekilas saja dan selesai.

Hal yang paling penting dari metode ini adalah interaksi hubungan Anda dengan firman Tuhan dan menerapkan firman dalam hidup Anda setiap hari:

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Mazmur 1:1-3, Terjemahan Baru).

Marilah mengambil waktu untuk melakukan S.O.A.P. ini untuk mendalami Firman Tuhan dengan buku ini dan Anda akan melihat sendiri bagaimana Anda mendapatkan lebih banyak lagi dari pembacaan Firman setiap hari.

Anda akan terkagum-kagum!


APA ARTINYA SOAP INI?

S adalah singkatan untuk Scripture (Firman Tuhan)

Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab.

Anda akan terkagum-kagum melihat apa yang akan Tuhan nyatakan kepada Anda saat Anda mengambil waktu khusus untuk membaca dan menulis apa yang Anda baca!

O adalah singkatan untuk Observation (Observasi, meninjau lebih dalam)

Apa yang Anda dapat lihat di dalam ayat-ayat yang Anda baca?

Kepada siapakah ayat-ayat itu ditulis?

Apakah ada kata-kata yang ditulis berulang kali?

Apakah ada kata yang muncul khusus untuk Anda saat membaca ayat-ayat itu?

A adalah singkatan untuk Application (Aplikasi, terapan)

Ini adalah waktu dimana Firman Tuhan menjadi pesan khusus hanya untuk Anda.

Apakah yang Tuhan katakan kepada Anda hari ini?

Bagaimana dapat Anda dapat menerapkan firman yang Anda baca didalam kehidupan pribadi Anda?

Perubahan apa yang perlu Anda lakukan?

Tindakan apa yang perlu Anda lakukan?

Apakah perintah Tuhan kepada Anda hari ini?

P adalah singkatan untuk Prayer (Doa)

Berdoa kepada Tuhan menggunakan FirmanNya.

Ambil waktu untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

Jika Tuhan menyatakan sesuatu kepada Anda saat Anda membaca FirmanNya, doakan hal itu.

Jika Tuhan menyatakan ada dosa di dalam hidup Anda yang perlu pertobatan, akui dosa Anda kepada Tuhan lewat doa. Dan ingatlah, Tuhan selalu mengasihi Anda.

Iklan