1 & 2 Timotius

Perkenalan 1 & 2 Timotius

timothy banner Indonesian

Paulus, dahulu adalah seorang penganiaya orang-orang Kristen, berjumpa dengan Yesus secara langsung, muka-dengan-muka dalam perjalanannya ke Damaskus dan hidupnya berubah dengan radikal. Dan perubahan hidup ini menuntun dia untuk pergi menanam gereja-gereja, melakukan perjalanan misi, dan menulis banyak surat dalam Perjanjian Baru. Dua dari buku yang ditulisnya ditujukan kepada seorang anak muda bernama Timotius.

Berulang-ulang kali Paulus memanggil Timotius dengan sebutan “anakku tersayang,” ini menunjukkan bahwa Paulus menuntun anak muda ini dalam menjadi percaya kepada Kristus atau setidaknya Paulus mengambil bagian penting dalam pertumbuhan iman Timotius. Dengan begitu, Paulus telah menjadi seorang ayah yang penuh belas kasihan bagi anak muda Timotius ini. Dia bergabung dengan Paulus dalam beberapa perjalanan, dan melayani bersama-sama. Setelah Paulus dibebaskan dari penjara (Kisah Para Rasul 28:30), dia memulai perjalanannya bersama Timotius berkunjung ke sejumlah kota dimana dia berkhotbh. Dan ketika tiba di Efesus, Paulus meninggalkan Timotius disana dan menunjuknya sebagai gembala untuk gereja yang sedang bermasalah. Surat-surat ini, 1&2 Timotius, ditulis oleh Paulus untuk menolong Timotius dalam memimpin gereja ini dalam hal praktis dan teologis.

Dalam 1 Timotius kita akan dapat melihat bagaimana Paulus memberikan tugas kepada Timotius untuk menyelesaikan beberapa masalah degan jemaat yang memiliki ajaran palsu (1:3-7; 4:1-3; 6:3-5), masalah materialistik (6:6-19), kebutuhan akan kepimpinan yang kudus (3:1-14), dan cara penyembahan yang salah (2:1-15).

2 Timotius kita menemukan Pauluas kembali masuk dalam penjara untuk yang kedua kalinya (1:16, 2:9); namun, dia tidak terhalang dari melakukan pekerjaan misi. Saat Paulus mendekati masa akhirnya, dia memberikan tongkat pelayanannya kepada Timotius dan menasehatinya untuk meneruskan pekerjaan dengan mengikuti doktrin dan ajaran yang benar (1:14), tetap setia dalam masa sulit (2:3-4; 3:10-12), dan tetap berdiri teguh dan terus memberitakan Firman Tuhan sampai hari akhir (3:15-4:5).

Tetapi surat-surat ini juga ditulis dan ditujukan untuk kita, para pengikut Kristus saat ini. Dalam pendalaman Firman Tuhan dari 1 & 2 Timotius akan mengajarkan kita tentang pentingnya gereja yang sehat dan berfungsi sesuai dengan kehendak Tuhan, mengutamakan pengajaran yang berdasarkan Injil. Sebuah gereja yang sehat menghasilkan orang-orang percaya yang sehat, sedangkan gereja-gereja yang lemah dalam pengajaran Firman Tuhan adalah mereka yang secara teologi tidak bertumbuh dan tidak mengerti kebutuhan orang lain. Dalam surat-surat yang ditulis oleh Paulus kepada Timotius ini juga ditujukan bagi kita sebagai petunjuk dan agar kita dapat bertumbuh dalam pengetahuan akan jalan-jalan Tuhan, juga sebagai penguat iman kita saat kita mencoba untuk hidup kudus dan berdiri tegud dalam kebenaran Tuhan di dalam dunia yang tidak kudus ini.

1 dan 2 Timotiys adalah surat-surat dari seorang gembala kepada gembala yang lain, tetapi buku-buku ini juga mengingatkan kita bawah setiap Firman Tuhan diberikan oleh Allah sendiri dan berguna untuk mengajar, menegur, dan melatih di dalam kebenaran.

_______________________________________________________________________

Sudahkah Anda memperoleh buku jurnal dan pendalaman Firman Tuhan 1 & 2 Timotius ini? Ketika Anda membelinya, Anda juga menolong untuk memberkati dan memperlengkapi wanita-wanita di Amerika dan di seluruh dunia dalam membaca firmat Tuhan di dalam bahasa mereka masing-masing. Kehidupan para wanita ini diubahkan, ditransformasi secara utuh dan selamanya…semua karena ada sekelompok wanita membeli buku jurnal ini daripada mencetaknya di rumah saja. Sebuah pilihan yang kecil tapi pilihan yang membuat satu dampak yang besar dalam pelayanan ini dan dapat menolong dalam menyebarkan Injil ke bangsa-bangsa.

Jikalau Anda secara keuangan mampu, kami berharap Anda dapat membeli buku pendalaman dan jurnal 1 & 2 Timotius ini, atau Anda juga dapat memberikan sumbangan langsung kepada pelayanan ini untuk wanita-wanit di negara lain. Tuhan telah memberikan kami visi yang besar untuk menjangkau bangsa-bangsa dengan firmanNya di dalam bahasa-bahasa yang lain…tetapi kami tidak dapat melakukan hal ini sendiri. Kami membutuhkan sekelompok wanita untuk menolong kami. Banyak dari Anda dapat membeli buku jurnal, memberi, dan setiap orang dapat berdoa.

Love God Greatly bukan sebuah perusahaan percetakan bahan pendalaman Alkitab, kami adalah pelayanan non-laba. Dalam beberapa minggu ini, Anda akan melihat dampak dalam hidup kami yang barada di Amerika Serikat dan mereka yang berada di negara-negara lain. Anda akan mendengar berbagai cerita dan foto-foto bagaimana Allah telah memakai investasi Anda lewat pelayanan Love God Greatly dalam mengubah hidup.

Buku jurnal terbaru kami, 1 & 2 Timotius, telah selesai dan dilengkapi dengan foto-foto yang indah…coba Anda lihat saja sendiri.

Silahkan membeli buku Anda di toko online Amazon dan marilah bersama kita mengubah dunia dengan Firman Tuhan!

(ditulis oleh Angela Perrit)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s