Uncategorized

Selamat Datang di Pendalaman Alkitab “Engkau Diampuni”

Minggu 1 – Senin “Dosa – Alasan Kita Butuh Pengampunan”

 

w1d1.jpg

Selamat datang dalam pendalaman Alkitab “Engkau Diampuni”!

Saya harap Anda juga bersemangat dan siap belajar seperti kami semua. Pendalaman ini akan merupakan perjalanan yang luar biasa. Kita akan belajar tentang beban berat dan kerusakan akibat dosa, dan juga pengampunan, penerimaan, dan kebebasan.

Namun kita harus mulai dengan apa yang menyedihkan sebelum kita sampai ke hal yang menyenangkan, jadi minggu ini akan menjadi minggu yang berat. Kita harus mulai dengan “mengapa kita butuh pengampunan”. Sebagian kita tahu, karena kita sarat akan dosa.

Apakah dosa itu?

Dosa adalah hal apapun yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Dosa adalah melakukan apa yang Tuhan larang atau tidak melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Singkatnya, dosa adalah melanggar hukum Tuhan.

Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. – 1 Yohanes 3:4

Dosa mempengaruhi setiap bagian hidup kita (Yohanes 8:34). Dosa mempengaruhi pikiran, hati, emosi, dan kondisi rohani kita. Dosa mengalihkan pandangan kita tentang Tuhan dan diri sendiri, yang disebut para teolog sebagai “kerusakan total.”

Agustinus berkata: “Dosa adalah percaya kebohongan yang Anda ciptakan sendiri, bergantung pada diri sendiri, dan menopang diri sendiri.”

Studi akan dosa, juga disebut hamarsiologi, sangat penting karena tanpa pemahaman yang benar akan dosa, kita tidak akan pernah memahami kedalaman pengorbanan Kristus atau besarnya pengampunan Tuhan.

Dosa mencengkeram manusia sehingga kita tidak dapat membebaskan diri sendiri. Kita bahkan tidak dapat memiliki kasih sejati akan Tuhan karena dosa membuat hati kita keras dan dingin seperti batu.

Hati yang membatu adalah hati yang terburuk. Jika hati seperti perunggu, maka akan meleleh dalam perapian, atau dapat dibengkokkan dengan palu. Tapi hati membatu – hanya tangan Tuhan yang dapat mematahkannya, dan hanya darah Kristus yang dapat melembutkannya! – Thomas Watson

Yang paling menyedihkan, dosa – seperti dikatakan Yesaya – membuat pemisahan antara kita dan Tuhan sedemikian besar sehingga kita tidak dapat menyeberanginya.

Memahami dosa adalah langkah pertama dari memahami kebutuhan kita akan pengampunan.

Dosa memegang kita dengan kuat, dan jika dosa kita tidak menghasilkan air mata kesedihan atau “hati yang remuk” (seperti kata Daud), maka pengampunan yang kita miliki melalui Yesus tidak akan kelihatan berharga dan tidak akan menghasilkan dalam kita sukacita “bersorak bagi Tuhan.”

Dulu kita terhilang, tidak memiliki harapan, namun tangan Tuhan yang perkasa dan lembut menarik kita dari kubangan dan lumpur, menaruh kita di batu yang adalah Yesus, dan memberi kita hati yang baru (Yehezkiel 36:26). Ini adalah belas kasihan yang tidak terbandingkan dan kasih karunia yang besar. Inilah pengampunan.

Tetaplah rendah hati karena dosa, dan jangan berpikir Anda terlalu rendah hati,  namun juga jangan merasa putus asa karena dosa. Meskipun kita sangat berdosa, kita memiliki pengacara Agung, Yesus Kristus, yang kebenarannya, darahnya yang berharga, dan kebesaran kasih dan kesetiannya melampaunya tingginya gunung dosa kita. – Jonathan Edwards

Memandang Yesus,
jen-sig

 

 

 Mari berbincang: Dari mana Anda bergabung dengan kami hari ini?

Tantangan Minggu 1:

Doktrin dosa adalah doktrin yang berat namun juga sangat praktis. Doktrin ini mengajar kita beberapa hal; salah satunya adalah belas kasihan. Kita tidak lebih baik dari orang lain. Semua orang berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah dan kita semua perlu kemurahan Tuhan. Meski kita harus menyebut dosa sebagai dosa, kita juga harus menunjukkan kasih, kebaikan, kesabaran, dan anugerah kepada sesama pendosa seperti kita.

Mari pertama-tama bertobat dari semua sikap menghakimi yang kita miliki kepada orang lain, dan mintalah agar Tuhan memberi kita hati yang penuh belas kasihan. Carilah cara untuk menyemangati orang lain dengan menunjukkan, dengan penuh kasih, kebutuhan mereka akan Yesus.

Rencana Bacaan Minggu 1:

reading plan w1

 

Ayat Hafalan Minggu 1:

memory verse w1.jpg

_____________________________________________________________________

Buku dan jurnal pendalaman Engkau Diampuni dalam Bahasa Indonesia telah tersedia di Amazon.com. Undanglah para perempuan dalam hidup Anda untuk membeli buku yang sangat memberkati ini. Jika dana menjadi kendala, undang mereka untuk mengunduh buku secara gratis di website Love God Greatly.

 

Processed with VSCO with a6 preset

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s