Uncategorized

Minggu 8 – Senin “Daud, Manusia Iman”

banner w8 mon.jpg

w8d1

Selamat pagi dan selamat datang di minggu terakhir pendalaman Daud. Saya berharap Anda menikmatinya seperti kami juga menikmatinya.

Bacaan hari ini mungkin adalah cerita paling terkenal dalam Alkitab. Setidaknya ini cerita paling terkenal tentang Daud. Bacaan hari ini adalah cerita tentang Daud mengalahkan Goliat. Namun saya ingin kita memusatkan perhatian pada iman yang ditunjukkan Daud di dalam peristiwa ini.

Ayahnya meminta dia mengantarkan makanan untuk kakak-kakaknya. Ketika dia sampai di medan perang, dia melihat Goliat dan orang Filistin menghina bangsa Israel. Orang Filistin menghina umat Tuhan, dan respon bangsa Israel adalah ketakutan. Mereka takut untuk bertempur.

Jadi Daud pergi kepada Saul dan berkata bahwa ia akan melawan Goliat. Pada awalnya Saul menolak tawaran ini. Namun Daud memberitahukan pada Saul kuasa Tuhan dalam hidupnya, khususnya saat dia harus melawan beruang dan singa. Pengalaman-pengalaman ini menumbuhkan iman Daud sehingga dia secara pribadi mengalami bahwa Tuhan tidak hanya setia, namun juga sanggup bekerja dengan kuat melalui umat-Nya.

Saya suka kutipan ini oleh Martin Luther:

“Iman adalah kepercayaan yang hidup dan berani akan kemurahan Tuhan, sungguh yakin dan pasti sehingga seseorang dapat mempertaruhkan hidupnya akan karunia itu beribu-ribu kali.”

Kepercayaan yang tak tergoyahkan pada Tuhan inilah yang memampukan Daud untuk berkata kepada Goliat: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi Engkau dengan nama Tuhan semesta alam, Allah segala barisan Israel…”

Iman Daud kepada kemampuan Tuhan sangatlah mutlak dan yakin sehingga ia mempertaruhkan nyawanya atasnya.

Inilah iman.

Ibrani 11:1 berkata, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan, dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Ini sulit bagi kita karena kita ingin melihat dengan mata kita. Kita ingin bukti terukur, sehingga sulit menaruh iman kepada seseorang yang tidak dapat kita lihat. Tetapi: iman kita tidak boleh dibangun atas dasar imajinasi kita atau dugaan seperti apa Tuhan itu. Iman kita dibangun atas dasar apa yang kita ketahui sebagai kebenaran. Ini mengapa kita perlu tinggal dalam Firman. Alkitab kita adalah kesaksian tertulis akan kuasa dan kesetiaan Tuhan. Hal ini seharusnya menjadi bahan bakar untuk iman kita.

Tuhan beserta dengan dan ada di pihak Anda. Dia menjaga dan diam di dalam Anda. Anda mungkin tidak dapat melihat Tuhan dengan mata, tapi Anda dapat melihat kuasanya di dalam dan melalui hidup Anda.

Gunakan minggu ini untuk menguatkan iman dengan mengingat kembali kesetiaan dan kuasa Tuhan dalam hidup Anda.

Tantangan minggu ini  adalah membuat daftar dari waktu-waktu dimana kuasa Tuhan bekerja dalam hidup Anda. Pikirkan tentang keselamatan Anda, hidup sehari-hari, dan waktu dimana tangan kesembuhan atau perlindungan Tuhan nyata dalam hidup. Pikirkan saat-saat pencobaan dan bagaimana Anda melaluinya, dan tuliskan semuanya itu.

Saya berdoa di akhir minggu ini iman kita akan bertumbuh dan kita mampu berkata dengan penuh percaya bahwa kita akan mengikuti-Nya apapun yang terjadi, karena kita tahu dengan Dia di sisi kita, kita tidak akan gagal.

Memandang kepada Yesus,
Jen

 

VIDEO MINGGU 8:

AYAT HAFALAN MINGGU 8:

memory verse w8.jpg

RENCANA BACAAN MINGGU 8:

reading plan w8.jpg

_______________________________

Pendalaman kita selanjutnya: Engkau Diampuni mulai 5 September! Anda Diampuni adalah gabungan buku dan jurnal, dan kami tidak sabar untuk Anda melihatnya! Sementara itu, tandai kalender Anda, undang teman-teman Anda, dan bergabunglah dengan kami!

13691152_10153740209612467_2091235483610750889_o.jpg

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s