Uncategorized

Minggu 7 – Senin “Orang yang Berkenan di Hati Tuhan”

banner w7 mon

WK7D1

 

 

 

 

 

Sejauh ini dalam pendalaman kita, kita telah melihat Daud sebagai:

Anak Gembala
Raja
Manusia
Prajurit
Sahabat
Pendosa

Dan sekarang minggu ini kita akan berfokus pada Daud: Manusia yang Berkenan di Hati Tuhan

Yang saya paling sukai tentang Daud adalah kasihnya pada Tuhan. Ya, kita tahu dari minggu lalu bahwa Daud memiliki bagian-bagian lemah dalam hidupnya, seperti halnya kita. Namun apa yang dimiliki Daud sehingga Tuhan menyebutnya sebagai “manusia yang berkenan di hati Tuhan?

Saya percaya itu karena kasihnya pada Tuhan.

Meskipun Daud berdosa; meskipun dia berbuat salah… Daud mengasihi Tuhan.

 

Kita melihat perbedaan jelas antara Daud dan Saul.

Keduanya berdosa, tapi hati Daud hancur ketika Natan menegurnya tentang dosanya. Apa responnya?

“Aku telah berdosa kepada Tuhan” (2 Samuel 12:13).

Yang menjadi perhatiannya adalah hubungannya dengan Tuhan.

Daud berdosa dan mengakuinya. Tapi dia tidak berhenti disana. Daud melangkah lebih jauh dan melakukan sesuatu. Dia mencari rekonsiliasi. Daud ingin dibenarkan oleh Tuhan. Kennyataan bahwa dia memutuskan hubungannya dengan Tuhan mendukakan hatinya dan dia akan melalukan apapun untuk memperbaikinya.

Chuck Swindoll, dalam bukunya: Daud, menjelaskan ada tiga kualitas yang Tuhan lihat dalam Daud dan Ia sukai: kerohanian Daud, kerendahan hatinya, dan integritasnya. Semua adalah kualitas yang mengingatkan Tuhan akan anak-Nya, Yesus.

Mari lihat lebih dekat dalam hidup Daud.

Kerohanian Daud

Daud menyukai apa yang Tuhan sukai. Ia terbebani oleh apa yang membebani Tuhan. Prioritas Daud adalah hidup untuk Tuhan tapi dia tidak hanya bicara tentang hidup bagi Tuhan; dia menaruh imannya dalam tindakan di hidupnya. Dia coba dengarkan dan taati Tuhan di hampir seluruh bagian hidupnya. Ketika Tuhan menegur dia dengan dosanya, Daud mengambil langkah untuk berubah dan bertobat dari dosanya. Intinya: Hati Daud sangat peka akan hal-hal dari Tuhan.

“Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati akan Dia…” – 2 Tawarikh 16:9

 

Apakah Anda ingin menjadi perempuan yang disebut “perempuan yang berkenan di hati Tuhan?” Maka serahkan hati Anda seluruhnya kepada Tuhan. Kasihi apa yang Dia kasihi, benci apa yang Dia benci, dan bersukacita atas apa yang membuat-nya bersukacita.

Buatlah Dia prioritas pertama Anda. Kasih mula-mula Anda.

Kerendahan Hati Daud

Bertahun-tahun menggembalakan domba dan menjadi anak bungsu di keluarga yang semuanya anak laki-laki mengajar Daud untuk rendah hati. Dia bukan pilihan pertama ayahnya. Dia bukan pilihan pertama Samuel. Namun dia adalah pilihan Tuhan. Dalam Daud, Tuhan melihat anak muda yang memiliki hati hamba: seseorang yang dengan setia melayani di padang menjaga domba; seorang yang mau pergi kesana-kemari menemui kakak-kakaknya di medan perang. Daud dengan setia melayani dan membantu mereka yang tidak menghargainya.

Daud tidak sedang membuat nama untuk dirinya, tapi saat waktunya tiba dia juga tidak mengijinkan nama Tuhan diinjak-injak dan dipermalukan. Daud belajar untuk rendah hati saat dia perlu rendah hati namun dia juga belajar kekuatan dari Tuhan di padang yang sepi itu. Dia tahu kapan harus mengambil sikap dan memiliki keberanian untuk melakukannya.

Integritas Daud

“Dari tempat domba-domba yang menyusui didatangkan-Nya dia, untuk menggembalakan Yakub, umat-Nya dan Israel, milik-Nya sendiri. Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.” – Mazmur 78:71-72

Integritas – apa yang kita lakukan saat tidak ada yang melihat. Daud disebutkan memiliki integritas hati. Ingat, Tuhan tidak melihat penampakan luar, Dia melihat hari kita (1 Samuel 16:7).


Sahabat baik, saat kita belajar lebih banyak tentang Daud, kita lihat kita tidak harus menjadi perempuan sempurna, yang tidak berdosa, dan yang segala perilakunya selalu tersusun rapi. Tuhan mencari para perempuan yang mengasihi-Nya. Perempuan yang ingin melayani Dia di “ladang” manapun tempat Ia panggil mereka. Perempuan yang hatinya adalah milik-Nya – memberikan Dia akses ke apa yang baik dan buruk sehingga Ia dapat melakukan hal luar biasa pertama-tama DALAM diri mereka dan kemudian MELALUI mereka untuk kemuliaan-Nya!

Tantangan Minggu 7: Meresponi apa yang dialami negara kita saat ini, tantangan kita minggu ini adalah mengambil waktu SETIAP pagi untuk berdoa bagi bangsa kita. Berdoa bagi orang-orang untuk meresponi dalam kasih melalui kuasa Roh Kudus. Berdoa untuk bangsa kita: hati akan dilembutkan, pengampunan diberikan, kasih akan diterima. Kita harus ingat bahwa “DIA yang ada dalam diri kita LEBIH BESAR daripada mereka yang ada di dunia” 1 Yohanes 4:4 (paraphrase).

KITA tidak ada di sini karena kebetulan. Tuhan memiliki tujuan Ilahi untuk setiap kita yang tinggal disini saat ini dan kita SEMUA memiliki bagian yang dapat kita mainkan untuk membantu negara kita melalui saat yang sulit ini. Mari pilih untuk menjadi terang dalam kegelapan dan bersinar bagi Yesys! Mari menjadi perempuan yang tidak hanya MEMBACA Firman Tuhan tapi perempuan yang MELAKUKAN Firman Tuhan! Kiranya KITA menjadi PEREMPUAN yang berkenan di hati Tuhan!

Mari Berbincang:
Bagikan doa bagi negara Anda dalam halaman komentar hari ini, dan mari bergabung BERSAMA dalam Firman Tuhan dan melalui kuasa doa!

Cinta Tuhan Sesungguhnya!
angela

 

 

Video Minggu 7:


(Can’t see the video? Click here)

Ayat Hafalan Minggu 7:DAVID_WK7_MEMORYVERSE

Rencana Bacaan Minggu 7:
Love God Greatly Reading Plan

Sahabat,

 

Kami SANGAT senang memberitakan pada Anda pendalaman kita di musim gugur: Engkau Diampuni! Whitney, Jen, Joy, dan saya sibuk di balik layar menulis BUKU baru kami dan kami tidak sabar membagikannya dengan Anda. Pendalaman Engkau Diampuni ini akan meliputi setiap bab per minggu, kesaksian pribadi, dan halaman isi seperti setiap jurnal! Engkau Diampuni adalah gabungan buku dan jurnal! Kita tidak sabar untuk Anda melihatnya! Sementara itu, rencanakan untuk bergabung dengan pendalaman musim gugur kami yang mulai tanggal 5 September. Senang sekali jika Anda bergabung dengan kami! Anda tidak akan mau melewatkannya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s