Uncategorized

Minggu 5 – Rabu “Sahabat yang Lebih Baik”

banner w5 wed

w5d3

Bagi sebagian orang, topic persahabatan membawa perasaan yang hangat dan ucapan syukur. Bagi sebagian lain, persahabatan adalah topic sensitive yang membawa emosi terluka atau kesepian yang dalam. Saya mengerti sebagian Anda menangis pada hari Senin ketika Anda membaca tentang ikatan Daud dan Yonatan, karena Anda mengingininya – bahkan mendoakannya – tapi Anda tidak pernah mengenal persahabatan yang tulus seperti itu.

Bagi Anda yang ingin meletakkan Alkitab Anda dan berhenti awal minggu ini (boleh saja, Tuhan dapat menerimanya), bisakah saya berbicara dengan Anda sebentar? Sebagai ganti dari menarik diri, saya meminta Anda untuk mendekat dan membiarkan firman Tuhan menghiburkan Anda di tempat sulit ini, hari ini….

 
15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.”Yohanes 15:12-17

Karena hubungan duniawi selalu terdiri dari dua orang berdosa, semua kita telah mengalami waktu dimana persahabatan kita (atau tidak adanya persahabatan) telah menarik kita ke ruang yang tidak nyaman. Ingatlah hal ini: semakin lama saya berjalan dengan Yesus, semakin saya bisa menikmati masa-masa ketidaknyamanan ini karena masa tersebut mengingatkan saya bahwa saya tidak diciptakan untuk menemukan penghiburan dan pemenuhan diri dari dunia ini – bukan dari harta milik, bukan dari lokasi saya, bukan dari status social saya, dan bukan dari orang-orang yang Tuhan telah tempatkan dalam hidup saya.

Sebaliknya, Bapa kita yang pengasih rindu supaya kita memandang kepada-Nya.

Mencari Dia diatas segala sesuatu.

Menemukan penghiburan, kedamaian, istirahat, dan kekuatan di dalam-Nya.

Daud mungkin adalah sahabat sejati, namun Tuhan adalah sahabat yang lebih baik. Tarik nafas panjang, dan biarkan kebenaran Firman hari ini membasuh jiwa Anda yang lelah karena persahabatan:

Yesus, Sahabat yang Berkorban

“Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” Waktunya adalah saat Perjamuan Malam terakhir; dan pendengar-Nya adalam murid-murid-Nya. Malam itu telah menunjukkan kasih Yesus yang besar bagi mereka yang mengenal Dia paling dekat. Dia telah membasuh kaki mereka, berbicara detil tentang saat-saat terakhir-Nya di dunia, menghibur mereka dengan janji Roh Kudus, dan menantang mereka untuk tinggal dalam Dia. Hari berikutnya, Yesus dengan rela mengorbankan nyawa-Nya bagi sahabat-sahabat-Nya. Bisakah saya menantang Anda untuk tidak pernah berhenti memikirkan hal ini? Dia mengalahkan dosa dan maut dan membuat jalan bagi Anda dan saya untuk menemukan belas kasihan, anugerah, pengampunan, dan semua yang kita butuhkan dalam Dia. Anda bisa berhenti mencari. Tidak ada kasih yang lebih besar dari ini.

Yesus, Sahabat yang Mudah Diakses

“Aku tidak lagi menyebut kamu hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang diperbuat tuannya; tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatuy yang telah kudengar dari Bapa-ku.” Dalam keadaan kita yang kotor, berdosa, namun ditebus, kitasangat diberkati untuk disebut hamba (atau budak) Kristus. Sebagai pengikut Yesus, kita dipilih, dibeli dengan darah-Nya yang mahal, dimiliki, dilindungi, dan diberikan status seumur hidup dalam keluarga Tuhan. Namun itu belumlah cukup? Dia memanggil kita sahabat. Ini adalah hubungan tak terbatas. Budak ditugasi untuk taat tanpa pemahaman, namun karena Yesus, kita yang ada dalam Kristus memilki akses ke SEMUA pengetahuan dan pemahaman yang kita perlukan untuk mematuhi perintah Tuhan dan dihiburkan oleh kasih-Nya. Cobalah bayangkan sebentar jenis persahabatan seperti itu. Kuknya mudah, dan beban-Nya ringan (Matius 11:30). dan Dia tidak pernah jauh dari kita (Kisah Para Rasul 17:27).

Yesus, Sahabat yang Sempurna

Karena dosa memasuki dunia, kita akan selalu terbatas dalam hubungan manusia kita. Namun ada seorang Sahabat Sempurna. Bahkan ketika dunia menolak Dia, Yesus memberikan hidup-Nya untuk menyelamatkan kita, membuat jalan bagi kita untuk mengenal Dia secara dekat. Dan bagaimana dengan perintah yang Dia berikan pada kita untuk mengasihi sesame? Dia pertama-tama mengasihi kita, menunjukkan kita caranya.

Pada halaman komentar, maukah Anda bersyukur pada-Nya untuk persahabatan-Nya hari ini?

Di kaki-Nya,

Whitney signature

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s