Uncategorized

Minggu 2-Senin “Janji akan Raja yang Lebih Baik”

The Promise of a Better King

w2d1.jpg

Selalu dan selamanya – dua kata yang menjanjikan banyak hal, namun jarang memberi kenyataan.

Kekasih mengikrarkan kata-kata ini dalam segala sesuatu mulai dari kartu Hallmark sampai ke janji pernikahan. Sahabat membuat janji persahabatan dengan kata-kata ini dan memakai kalung seragam untuk membuktikannya. Anak perempuan saya berumur tujuh tahun menggunakan kata-kata ini saat ia berjanji bahwa dia tidak akan pindah keluar dari rumah saya. Heh. Dan jika Anda menutup mata dan mendengarkan dengan seksama, Anda bahkan dapat mendengar lagu-lagu country memainkan kata-kata ini terus-menerus.

Dari saat kita muda, hidup penuh dengan janji. Namun kita hidup lebih lama dan segera menemukan bahwa selalu dan selamanya seringkali berakhir dalam kadang-kadang dan tidak pernah. Dalam dunia ini, mimpi seringkali tertahan, harta milik hilang, hubungan “selamanya” sering berakhir tanpa peringatan, dan harapan tertunda.

Minggu ini dalam pendalaman kita, kita melihat akan Daud sang raja, yang ceritanya pada akhirnya menunjukkan kita akan janji Raja yang lebih baik. Berkebalikan dari apa yang dunia ini dapat tawarkan, melalui Anak-nya Yesus, Tuhan telah memberikan kita janji yang tidak akan lenyap.

Mintalah Tuhan untuk membantu Anda menemukan harapan baru dalam tiga tema saat Anda melakukan pendalaman minggu ini:

Tuhan memiliki tujuan besar untuk hidup Anda.

“…TUHAN, Allah semesta alam, menyertainya…” – 2 Samuel 5:10

Dalam ayat-ayat hari ini, kita membaca penunjukan Daud menjadi raja dan fakta bahwa Tuhan menyertainya. Ini bukanlah rencana biasa. Dari awal mulanya, Tuhan memiliki tujuan besar untuk hidup Daud. Dari anak gembala muda sampai menjadi raja Israel yang diurapi, Tuhan mengambil yang tidak mungkin, menempatkannya pada posisi paling terkemuka di kerajaan, posisi yang termasuk dalam silsilah Kerajaan yang tidak berakhir. Apakah Anda merasa diabaikan dan terjebak di padang? Tetaplah menanam benih Kerajaan surga dimana Tuhan menempatkan Anda. Tuhan beserta dengan Anda. Tuhan ada di pihak Anda. Rencana Tuhan bagi hidup Anda jauh melebihi apa yang dunia ini dapat tawarkan, bahkan ketika semuanya terasa tidak masuk akal. Bertahanlah… Dia tahu apa yang Dia lakukan.

Tuhan menepati janji-Nya.

“Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.” – 2 Samuel 7:16

2 Samuel 5 menjelaskan Daud bertahta atas Israel selama 40 tahun, dan dua pasal kemudian Tuhan berjanji bahwa tahta Daud tidak akan pernah berakhir. Dari keseluruhan Alkitab kita tahu bahwa Daud tidak hidup selamanya, dah bahwa janji ini jauh melebihi raja-raja tidak sempurna yang menggantikannya. Namun ketika “selamanya” berada dalam bahaya, Tuhan membuat jalan. Seorang anak akan lahir dari perawan, yang akan memenuhi kebutuhan anak laki-laki Daud yang benar untuk menduduki tahta. Nama-Nya Yesus, dan miliknya adalah Kerajaan yang tidak akan pernah berakhir.

Tuhan telah menyediakan warisan abadi.

“…kamu… kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga  Allah.” Efesus 2:19

Kapan terakhir kali Anda berpikir tentang fakta bahwa sebagai anak Tuhan, Anda adalah pewaris dari warisan terbesar di alam semesta? Apapun yang kita berusaha untuk mencapai di bumi bahkan tidak menyentuh apa yang menjadi milik kita dalam Kristus: dunia dan segala isinya (1 Korintus 3:21-23), dan hidup abadi dengan Kristus sebagai hadiah. Jika kita tidak menjadi putus asa saat menunggu, pertimbangkan tantangan ini dari John Newton: “Misalkan seseorang pergi ke New York City untuk mengambil kepemilikan estat/property yang luas, dan [kereta]nya rusak satu mil sebelum dia sampai ke kota, yang membuatnya harus berjalan hingga tiba; bodoh sekali jika kita berpikir dia akan mengepalkan tangannya dan mengomel sepanjang jalan: “Keretaku rusak! Kertaku rusak.” Dalam dunia ini kita akan mengalami kesusahan, tapi mari hidup dalam harapan besar hari ini sementara kita menunggu akan Hari itu!

Melalui garis Daud, seorang Raja lahir untuk tujuan besar: untuk menciptakan Kerajaan bukan dari dunia ini. Raja ini untuk Anda. Raja ini perkasa untuk menyelamatkan, dan Dia layak menerima segala percaya dan keyakinan kita disini, sekarang ini.

Oh Bapa, tolonglah alihkan pandangan kami dari jebakan dan kekecewaaan dunia ini dan bantu kami mengambil kepemilikan dari segala yang telah Engkau tawarkan pada kami melalui Anak-Mu Yesus? Tuhan, bantu kami untuk hidup – sungguh hidup– seperti kami adalah anak-anak Raja.

*Mari berbincang: Bagaimana Anda dapat menanam benih Kerajaan surga dimana Tuhan tempatkan Anda hari ini?

Di kaki-Nya,

Whitney signature

 

 

 

Tantangan Minggu 2: Baca Matius 1 untuk menempatkan Daud di silsilah Kristus. *Bonus: Tulis daftar lengkap nama-nama di bab ini (dari Abraham ke Yesus) di buku jurmal pendalaman Anda. Read Matthew 1 to place David in the lineage of Christ.

Video Minggu 2:

Rencana Bacaan Minggu 2:

reading plan w2.jpg

Ayat Hafalan Minggu 2:

memory verse w2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s