Uncategorized

Minggu Pertama: Hidup Tanpa Tuhan adalah Sia-sia

12380205_10153412590397694_1033329394_n                                                                                                                                                                          Ayat hafalan minggu 1:

12380413_10153412650342694_371632112_n

Pada musim panas saya membaca sebuah artikel tentang Markus Persson, pengembang video game popular, Minecraft. Artikel itu menyebutkan bahwa Persson telah menjual perusahaan video gamenya tahun lalu kepada Microsoft dan memperoleh kekayaan MILYARAN (dolar). Dengan menggunakan sebagian uang penjualan perusahaannya, dia baru-baru ini membeli rumah besar ukuran 23,000 kaki persegi di Beverly Hills seharga $70 juta dolar! Tapi dengan keberuntungannya, dalam sebuah tweet musim panas ini, dia mengakui dia tidak bahagia.

032116_1318_weekeenlewe3

Markus Persson (@notch)

Masalah dari mendapatkan segala sesuatu adalah engkau kehilangan alasan untuk terus mencoba, dan interaksi manusia menjadi mustahil karena ketidakseimbangan.

 

Membaca artikel ini, saya berpikir tentang Raja Salomo dan banyak hal yang dia bagikan dalam kitab Pengkhotbah.

12596204_10153412387772694_254347944_n

Hidup tanpa Tuhan adalah sia-sia.

Raja Salomo, diatas siapapun, seharusnya mengetahui kebenaran dari pernyataan itu. Bagaimanapun, Tuhan memberkati Salomo dengan hikmat dan kekayaan. Jika uang, kesuksesan, ketenaran, dan kuasa dapat membawa kebahagiaan dalam hidup seseorang…maka kitab Pengkotbah akan terlihat sedikit berbeda.

Tapi itulah yang SAYA SUKAI tentang kitab ini… kitab ini menunjuk kembali secara langsung pada nilai-nilai dari dunia dan pernyataan kita… semuanya sia-sia. Segala sesuatu terpisah dari Tuhan adalah sia-sia.

Dan Salomo, penulis Pengkhotbah, seharusnya tahu. Dia memiliki segalanya.

Meskipun kitab Pengkhotbah ditulis beribu-ribu tahun lalu, hikmat yand dibagikan masih relevan hari ini.

Setelah menjalani hidup dimana dia tidak menyangkali diri tentang apapun, Salomo menulis Pengkhotbah dengan harapan dan tujuan untuk  menunjukkan kepada generasi selanjutnya bahwa hidup terpisah dari Tuhan itu tak berarti.

Semua yang dunia ini tawarkan adalah hidup yang kosong.

Saya hampir dapat mendengar kesedihan melalui kata-kata Salomo saat dia melihat ulang hidupnya dan mengutarakan patah hati dan kekecewaan atas pilihan-pilihan yang dia buat dan investasi kekekalan yang tidak dia buat.

Hampir seolah-olah dia menghadapkan wajah kita dengan tangannya, memandang kita tepat di mata dan berkata,

“Jangan sia-siakan hidupmu! Biarkan aku membagikan padamu apa yang telah aku pelajari dan menghindarkan engkau dari rasa patah hati dan kesedihan yang kurasakan akibat pilihan-pilihanku yang buruk… hidup tanpa Tuhan adalah sia-sia.”

Meskipun Salomo memiliki segala sesuatu, pilihan demi pilihan, hari demi hari, kompromi demi kompromi…. Lama kelamaan ia menjauh dari Tuhan. Belajar dari kesalahan Salomo, kita tidak harus mengulanginya. Jika Salomo mencari kepuasan dari segala sesuatu “dibawah matahari,” kita dapat memilih untuk menjalani hidup kita dengan tujuan abadi dan karenanya menjalani hidup untuk “apa yang diatas matahari.”

Dalam kitab Pengkhotbah, kita akan membaca sebagian dari “pemikiran buruk” Salomo. Karena Salomo melepaskan pandangannya dari Tuhan dan hidup untuk dirinya, dengan menyesal dia sampai pada kesimpulan bahwa mengejar hal-hal dari dunia ini: kuasa, posisi, kenikmatan, dan gengsi akan menyebabkan seseorang merasa hampa. Dia memiliki semua yang dunia dapat tawarkan namun dia tidak memiliki satu hal yang paling dia inginkan… kepuasan dari hidup yang dijalani dengan baik. Karena pilihan-pilihannya dan hidup jauh dari Tuhan, Salomo menjadi pesimis dan skeptic seiring bertambah usianya. Sedihnya, dia memandang hidupnya dari dudut pandang dunia dan bukan Tuhan.

Tapi, teman yang baik, kita tidak harus membuat kesalahan yang sama seperti yang dibuat Salomo! Pengkhotbah memberikan kita banyak sekali pelajaran untuk memusatkan pikiran dan hati kita kembali pada apa yang sesungguhnya berarti… Tuhan.

Ohh saya sangat senang Anda bergabung dengan kami selama delapan minggu ke depan saat kita mendalami Pengkotbah bersama-sama! Ini akan menjadi pendalaman yang kuat dan tepat waktu!

Bagi Anda yang baru mengenal Cinta Tuhan Sesungguhnya, pendalaman kita berlangsung sebagai berikut:

  1. Kita akan mempersiapkan posting blog setiap hari Senin-Rabu-Jumat yang akan membantu Anda mendapatkan pengertian dan terapan lebih baik dari bacaan Alkitab kita setiap hari.
  2. Setiap hari kita telah menyiapkan ayat-ayat untuk dibaca selama seminggu dan setiap Senin kita menyiapkan rencana bacaan mingguan di posting blog Senin kami )dengan ayat hafalan dan video mingguan). Anda juga dapat menemukan  rencana bacaan pendalamaan utuh 8 minggu di jurnal kami and for unduh dari website kami.
  3. Membaca Firman Tuhan sangatlah penting, tapi kami juga menambahkan dengan menulis perikop Alkitab setiap harinya dalam jurnal dan memproses apa yang kita baca dan pelajari dengan menggunakan metode SOAP. Jika Anda baru mengenal metode belajar Firman Tuhan ini, saya sangat merekomendasikan Anda untuk mencobanya! Firman Tuhan akan menjadi begitu hidup saat Anda fokus untuk menuliskan setiap kata, berpikir tentang arti ayat-ayat tersebut dan bagaimana mengaplikasikannya dalam hidup Anda!
  4. Meskipun baik belajar Firman Tuhan seorang diri, lebih baik lagi belajar dengan sekelompok teman! Sila membantuk kelompok Anda, bergabung dengan kami atau bergabung dengan komunitas perempuan di blog kamihalaman Facebook or Instagram feed dengan memakai hashtag #LoveGodGreatly.

Tantangan Minggu 1: Raja Salomo mengijinkan fokus dalam hidupnya berubah dari Tuhan ke dunia. Sebutkan satu hal yang akan Anda lakukan dengan intensional untuk memastikan keputusan yang Anda ambil berfokus pada Tuhan dan bukan dunia. Bagikan bagimana Anda akan melakukan ini dengan para perempuan dalam kelompok Anda atau dengan teman.

Video Minggu 1:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s